Home » » Katulampa Siaga 1, Jakarta Siap Terendam

Katulampa Siaga 1, Jakarta Siap Terendam

Written By Unknown on Monday 14 January 2013 | 22:38

Hujan sejak semalam hingga pagi ini di kawasan Jabodetabek menyebabkan debit air di beberapa sungai meningkat. Akibatnya, pada pukul 07.30 tinggi muka air di Bendungan Katulampa, Bogor, makin meninggi hingga mencapai 210 sentimeter. Kondisi ini sudah harus diwaspadai bagi warga ibu kota, karena debit sungai Ciliwung Hulu langsung mengalami posisi siaga 1 atau tingkat siaga tertinggi.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan batasan siaga 1 adalah jika ketinggian air lebih dari 200 sentimeter.

Dengan kondisi itu dipastikan beberapa wilayah hilir Jakarta akan mengalami banjir. Namun, karena sudah masuk level siaga tertinggi, maka kewenangan pengendaliannya langsung menjadi tanggung jawab Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. "Katulampa dalam status siaga 1 karena ketinggian debit Sungai Ciliwung saat ini hingga 210 sentimeter," kata Sutopo, Selasa (15/1).
Diperkirakan pukul 18.00-19.00 banjir akan menggenangi wilayah sekitar bantaran Sungai Ciliwung dengan ketinggian ari lebih tinggi dibandingkan pada akhir Desember 2012 dan sebelumnya yaitu pada pekan-pekan pertama di bulan Januari 2013. Sebab tinggi muka air ini merupakan rekor tertinggi selama musim hujan 2012-2013.

Sutopo juga meminta Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta agar menginformasikan status siaga 1 tersebut kepada para walikota dan 9 Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Selain itu diharapkan juga terus memantau dan merespons banjir yang berpotensi terjadi.

Ia menyebut daerah yang berpotensi mendapatkan banjir kiriman yakni di Jakarta Timur, Kelurahan Cililitan, Cawang, Bidaracina, Kampungmelayu, dan Kebonmanggis. Di Jakarta Selatan Kelurahan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Kebonbaru, dan Bukitduri. Kemudian di Jakarta Pusat berada di Kelurahan Cikini, Petamburan, dan Cideng. Serta Jakarta Barat di Kelurahan Durikosambi, Rawabuaya, Kedoyautara, dan Cengkareng.

Tidak hanya itu beberapa pintu air di wilayah Jakarta pada pukul 07.00 tercatat dalam posisi siaga 2. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) setidaknya ada dua sungai yang debit airnya berada pada posisi siaga 2, yakni Pintu Air Angke Hulu dengan ketinggian 210 sentimeter, dan Pintu Air Karet dengan ketinggian 560 sentimeter. Saat ini di ketiga lokasi tersebut masih diguyur hujan.
Beberapa tinggi muka air lainnya antara lain di Pesanggrahan 140 sentimeter posisi siaga 4, Krukut Hulu 120 sentimeter posisi siaga 4, Depok 160 sentimeter posisi siaga 4, Manggarai 775 sentimeter posisi siaga 3, Cipinang Hulu 110 sentimeter posisi siaga 4, Sunter Hulu 70 sentimeter posisi siaga 4, Pulogadung 550 sentimeter posisi siaga 4, dan Pasar Ikan 185 sentimeter siaga 3.
"Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Karena berdasarkan pantauan hujan secara real time dari radar hujan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan hujan saat ini merata di wilayah Jabodetabek," tandasnya.
 
Share this article :

Post a Comment

silahkan beri komentar anda disini..

 
Creator : Mahrus WebsiteIGantenginIDunia
Copyright © 2013. Berita Semaunya - All Rights Reserved
Template dari mbah maskolis